Jenis Penghasil Daya Listrik di Toko yang Jual Genset

Siapa yang tidak mengenal genset? Sebagai mesin penghasil daya listrik, alat ini banyak diperjual belikan di toko yang jual genset. Di toko ini, kita dapat menemukan jenis genset yang beragam. Jenis genset yang ditawarkan oleh toko penjual genset adalah generator set 1 phase dan generator set 3 phase. Kedua jenis genset ini banyak digunakan oleh masyarakat berdasarkan dengan besaran daya listrik yang mereka butuhkan. Untuk mengenal kedua jenis penghasil daya listrik tersebut, simak ulasan mengenai kedua jenis genset di bawah ini.

Generator set 1 phase merupakan jenis genset yang hanya memiliki satu buah kumparan. Kumparan pada genset dipasang secara seri. Pada genset, kita dapat menemukan dua buah kabel pengeluaran. Satu buah kabel pengeluaran pada genset disebut dengan kabel phase dan satu kabel pengeluaran lainnya dikenal dengan nama kabel netral. Berdasarkan dengan nilai cosphi yang dimilikinya, genset memiliki nilai cosphi 1. Dengan nilai cosphi tersebut, genset satu phase dinilai memiliki nilai cosphi yang lebih baik jika dibandingkan dengan genset tiga phase. Daya nyata dan daya aktif pada genset 1 phase memiliki besaran yang sama. Berdasarkan dengan informasi yang diberikan oleh toko yang jual genset, generator set ini memiliki tegangan sebesar 220 volt.

Toko yang jual genset terbaru juga menyediakan genset 3 phase sebagai penghasil daya listrik yang dapat dipilih oleh pengguna. Genset jenis ini memiliki tiga buah kumparan dan mampu menghasilkan tegangan keluaran sebsar 380 volt. Kabel pengeluaran yang dimiliki oleh genset ini adalah 4 buah. Kabel pengeluaran tersebut terdiri dari kabel netral, kabel S,T dan kabel R. Nilai cosphi pada genset ini adalah kurang dari satu. Dengan besar cosphi tersebut, genset memiliki tiga jenis daya yakni daya reaktif, daya nyata dan daya aktif. Pada umumnya nilai cosphi yang dimiliki oleh generator set 3 phase adalah 0,8. Dengan besar daya yang dihasilkan, generator tiga set dapat memenuhi kebutuhan daya listrik unyuk dua rumah.

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *