Hindari Resiko Kerusakan Dengan Tips Perawatan Genset Portable Berikut !

Genset portable merupakan salah satu perangkat elektronik yang kerap mengalami kerusakan pada beberapa komponennya. Walaupun perawatannya cukup sederhana, namun pastikan untuk memberikannya secara rutin agar mesinnya dapat beroperasi dalam waktu yang cukup lama. Inilah sejumlah perawatan genset yang bisa diberikan.

Tips Merawat Genset Kesayangan

1. Rutin Membersihkan Genset

Sebagai salah satu alat elektronik, penting untuk menjaga kebersihannya tetap terjaga. Sebab penumpukkan debu dan kotoran seperti minyak dan air dapat meningkatkan resiko kerusakan pada mesinnya. Jika debu terus menumpuk tanpa pernah dibersihkan, jangan heran jika genset portable tidak dapat beroperasi maksimal seperti dahulu.

Bahkan dalam beberapa kasus, genset tidak dapat menyala akibat tidak pernah dibersihkan. Jika sudah demikian, mau tidak mau Anda harus membeli genset yang baru sebagai solusi ketersediaan listrik cadangan. Namun akan lebih menguntungkan jika rutin membersihkan mesinnya agar menurunkan resiko kerusakan sejak dini.

2. Panaskan Mesin Meski Jarang Digunakan

Tips Merawat Genset Kesayangan

Memanaskan mesin genset portable meski jarang digunakan, masuk dalam rangkaian perawatan yang sering luput dilakukan. Sebab, sebagian orang menganggap memanaskan mesin genset tanpa digunakan adalah sebuah hal sia sia. Justru sebaliknya, jika genset tidak dipanaskan secara rutin maka resiko kerusakan semakin dekat di depan mata.

Sebab memanaskan mesin genset, membantu sirkulasi pelumasan oli ke beberapa komponen penting. Jika oli pelumas mulai berkurang atau bahkan kering, kemungkinan gesekan antar komponen membuat mesin rentan mengalami kerusakan. Cukup dengan meluangkan waktu sekitar 5 hingga 10 menit saja, resiko membeli genset portable baru bisa ditekan sempurna.

3. Mengganti Spare Part yang Usang

Setiap peralatan elektronik memiliki masa penggunaan berbeda, begitu pula dengan genset portable. Namun resiko kerusakan akan semakin tinggi ketika sang pemilik tidak segera mengganti spare part yang mulai usang atau rusak. Sebab hal ini beresiko memunculkan kerusakan jauh lebih parah apabila tidak segera ditangani.

Membeli genset idaman merupakan dambaan semua orang. Hanya saja, tidak semua orang bisa merawatnya dengan baik agar mesinnya lebih awet selama puluhan tahun lamanya. Ada banyak cara untuk merawatnya mulai dari mengganti spare part yang usang atau alami kerusakan, panaskan mesin meski tidak digunakan, hingga rutin membersihkan mesinnya.

Tagged :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *